Selasa, 17 Februari 2009

rpp-biologi-9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah : MTsN Babadan Baru
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : Biologi


Standar Kompetensi
1. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan.

Indikator
1. Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup.
2. Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam dan hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki.
3. Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam.
4. Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup.
5. Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
Menjelaskan pengertian adaptasi.
Membedakan adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
Menyebutkan beberapa contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan.
Menjelaskan pengertian seleksi alam.
Menjelaskan pengertian evolusi.
Menjelaskan faktor yang menyebabkan kepunahan suatu organisme.
Menyebutkan beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah.
Menjelaskan tujuan organisme melakukan perkembangbiakan.
Menjelaskan pengertian tingkat reproduksi.
Membedakan perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif.
11. Menyebutkan beberapa cara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif pada hewan dan tumbuhan.

B. Materi Pembelajaran
Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Pengamatan langsung
- Uji coba
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Apakah semua organisme mampu beradaptasi dengan lingkungannya?
- Mengapa organisme perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
· Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan adaptasi?
- Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam?

b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian habitat.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan berbagai macam habitat.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian adaptasi.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam adaptasi.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa contoh adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian seleksi alam.
· Peserta didik memperhatikan mekanisme seleksi alam yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
· Guru memberikan beberapa soal untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Mengapa dinosaurus mengalami kepunahan?
- Mengapa suatu organisme harus berkembang biak?
· Prasyarat pengetahuan
- Faktor apakah yang menyebabkan kepunahan suatu jenis organisme?
- Apakah yang dimaksud dengan berkembang biak?
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian evolusi.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai beberapa contoh organisme yang mengalami evolusi.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan faktor yang menyebabkan kepunahan suatu organisme.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa contoh hewan dan tumbuhan yang hampir punah.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan organisme melakukan perkembangbiakan.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian tingkat reproduksi.
· Peserta didik memperhatikan perbedaan perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan beberapa cara perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif pada hewan dan tumbuhan.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


E. Sumber Belajar
a. Buku IPA BSE Depdiknas
b. Buku Biologi IX
c. Lingkungan
d. Buku referensi

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes tertulis
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes uraian
Tes isian
Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Cacing tanah adalah jenis hewan yang dapat mudah ditemukan di ....
a. tempat teduh dan berair c. tanah berhumus dan basah
b. tanah liat berongga d. tanah kering berongga
- Contoh tes isian
Untuk melestarikan jenisnya makhluk hidup memiliki kemampuan
untuk ....
- Contoh tes uraian
Apakah yang dimaksud dengan seleksi alam? Jelaskan dan berikan contohnya.
- Contoh tugas rumah
Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan.

Ngaglik, 12 Januari 2009
Kepala MTsN Babadan Baru Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Drs. Busyroni Majid, M.Si
NIP. 150203399 NIP. 150274636
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah : MTsN Babadan Baru
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : Biologi

Standar Kompetensi
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Indikator
1. Mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (kromosom dan gen).
2. Membedakan pengertian sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediat.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian genetika.
2. Menyebutkan faktor pembawa sifat pada organisme.
3. Menjelaskan pengertian kromosom.
4. Menjelaskan bagian-bagian kromosom.
5. Membedakan kromosom haploid (n) dan kromosom diploid (2n).
6. Menjelaskan pengertian gen.
7. Menjelaskan bagian-bagian gen.
8. Membedakan sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet.
9. Menuliskan bagan penurunan sifat dari hasil persilangan.

B. Materi Pembelajaran
Pewarisan Sifat dan Teknologi Reproduksi

C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Pengamatan Langsung

2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Apakah yang menentukan sifat individu? Dimanakah letaknya?
- Buatlah bagan penurunan sifat dominan dari hasil persilangan dua individu yang berbeda?
· Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan gen?
- Apakah yang dimaksud dengan sifat dominan?

b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian genetika.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor pembawa sifat pada organisme.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kromosom.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan bagian-bagian kromosom.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan kromosom haploid (n) dan kromosom diploid (2n) .
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gen.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan bagian-bagian gen yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penulisan bagan penurunan sifat dari hasil persilangan dua individu yang berbeda.
· Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan penurunan sifat hasil persilangan antara dua individu yang berbeda yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal menentukan penurunan sifat hasil persilangan antara dua individu yang berbeda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku BSE kelas IX Depdiknas
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Bagian sel yang bertanggung jawab terhadap penurunan sifat adalah ....
a. nukleus c. nukleolus
b. kromosom d. mitokondria
- Contoh tes uraian
Apakah perbedaan antara sifat dominan, sifat resesif, dan sifat intermediet?


Ngaglik, 12 Januari 2009
Kepala MTsN Babadan Baru Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Drs. Busyroni Majid, M.Si
NIP. 150203399 NIP. 150274636









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah : MTsN Babadan Baru
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : Biologi

Standar Kompetensi
3. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
3.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya.

Indikator
1. Menentukan gamet dari genotip tetua atau induk.
1. Menentukan rasio hasil persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan.
2. Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak teknologi reproduksi dalam kehidupan sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian genotipe.
2. Menuliskan lambang gen pada proses persilangan.
3. Membedakan homozigot dan heterozigot.
4. Menjelaskan simbol-simbol dalam persilangan.
5. Menyebutkan macam-macam persilangan.
6. Menyebutkan hipotesis Mendel yang menjelaskan peristiwa persilangan.
7. Menjelaskan hukum I Mendel dan hukum II Mendel.
8. Menentukan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda.
9. Menentukan hasil persilangan dua individu dengan dua sifat beda.
10. Menentukan hasil persilangan dua individu dengan tiga sifat beda.
11. Menjelaskan hubungan antara sifat beda dan jumlah kemungkinan fenotif dan genotif pada keturunan kedua (F2).
12. Menjelaskan penerapan genetika pada teknologi reproduksi.
13. Menyebutkan kentungan pengembangbiakan tanaman dengan sifat unggul.
14. Menjelaskan pengertian kloning.
15. Menjelaskan cara mengkloning tumbuhan dan hewan.
16. Menjelaskan pengertian inseminasi buatan.
17. Menyebutkan tujuan inseminasi buatan.
18. Menjelaskan teknologi bayi tabung.
19. Menjelaskan dampak (positif dan negatif) teknologi reproduksi.

B. Materi Pembelajaran
Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Environment Study
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Bagaimana cara menuliskan lambang suatu individu?
- Mengapa Mendel memilih kacang ercis sebagai tanaman percobaannya?
· Prasyarat pengetahuan
- Sebutkan sifat genotipe pada suatu individu.
- Sebutkan bunyi hukum I Mendel dan hukum II Mendel.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian genotipe.
· Perwakilan peserta didik diminta untuk menuliskan lambang gen pada proses persilangan.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan homozigot dan heterozigot.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai arti simbol-simbol dalam persilangan.
· Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai macam-macam persilangan.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik dalam setiap kelompok menyebutkan hipotesis Mendel yang menjelaskan peristiwa persilangan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan hukum I Mendel dan hukum II Mendel yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda, dua sifat beda, dan tiga sifat beda yang disampaikan oleh guru.
· Guru memberikan beberapa soal menentukan hasil persilangan hasil persilangan dua individu dengan satu sifat beda, dua sifat beda, dan tiga sifat beda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
· Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hubungan antara sifat beda dan jumlah kemungkinan fenotif dan genotif pada keturunan kedua (F2).
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Dapatkah kloning dilakukan pada hewan?
- Apa yang kalian ketahui tentang bayi tabung?
· Prasyarat pengetahuan
- Bagaimana cara melakukan kloning?
- Apakah yang dimaksud dengan bayi tabung?

b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan genetika pada teknologi reproduksi.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kentungan pengembangbiakan tanaman dengan sifat unggul.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kloning.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara melakukan kloning pada tumbuhan dan hewan.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian inseminasi buatan.
· Peserta didik memperhatikan tujuan inseminasi buatan yang disampaikan oleh guru.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bayi tabung.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai mekanisme teknologi bayi tabung.
· Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan dampak (positif dan negatif) teknologi reproduksi.
· Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku BSE Depdiknas Kelas IX
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Buku Biologi Kelas IX

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
Tes tertulis
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Persilangan antara genotipe AABB X aabb menghasilkan F1 dengan
genoipe ....
a. AABB c. Abab
b. AaBb d. AAaa Bbbb
- Contoh tes uraian
Jika suatu individu bergenotipe BbKk disilangkan dengan sesamanya (BbKk), berapa hasil persilangan yang memiliki genotipe bbkk. Jelaskan dengan bagan.
- Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang salah satu contoh teknologi reproduksi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada artikel dapat diperoleh dari buku atau internet. Artikel yang paling menarik dapat ditempel di mading sekolah.



Ngaglik, 12 Januari 2009
Kepala MTsN Babadan Baru Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Drs. Busyroni Majid, M.Si
NIP. 150203399 NIP. 150274636










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : MTsN Babadan Baru
Kelas / Semester : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : Biologi

Standar Kompetensi
1. Bioteknologi
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.

Indikator
1. Mendefinisikan pengertian bioteknologi.
2. Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan.
3. Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya.
4. Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik).

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian bioteknologi.
2. Membedakan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.
3. Menjelaskan pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi.
4. Mengetahui cara pembuatan tempe.
5. Menjelaskan pengertian kultur jaringan.
6. Menjelaskan langkah-langkah untuk membiakkan tanaman dengan kultur jaringan.
7. Menyebutkan kentungan membiakkan tanaman dengan kultur jaringan.
8. Menjelaskan pengertian hidroponik.
9. Menjelaskan keuntungan bercocok tanam secara hidroponik.
10. Menjelaskan pengertian aeroponik.
11. Menjelaskan pengertian rekayasa genetika.
12. Menyebutkan beberapa contoh produk rekayasa genetika.
13. Menjelaskan dampak (positif dan negatif) penerapan bioteknologi.

B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi

C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
- Observasi
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan apersepsi
- Mengapa tempe disebut sebagai hasil bioteknologi?
- Mikroorganisme apa yang dimanfaatkan manusia untuk pembuatan protein sel tunggal?
· Prasyarat pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan bioteknologi?
- Apakah yang dimaksud dengan protein sel tunggal?
· Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
· Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bioteknologi.
· Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan perbedaan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pemanfaatan mikroorganisme dalam bioteknologi.
· Guru membagi tugas kelompok:
- 2 kelompok diberi tugas untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk mengubah dan menghasilkan bahan makanan.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan obat.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan asam amino.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan energi.
- 2 kelompok diberi tugas untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk meningkatkan hasil pertanian.
- 2 kelompok diberi tugas untuk untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk mengatasi masalah pencemaran.
- 2 kelompok diberi tugas untuk untuk menyebutkan mikroorganisme yang dimanfaatkan manusia untuk industri pertambangan.
· Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
· Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
· Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku IPA BSE kelas IX
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
- Uji petik kerja prosedur
- Proyek
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Produk bioteknologi modern antara lain ....
a. tempe, tape, kecap, dan asam amino
b. asam amino, kecap, vaksin, dan enzim
c. enzim, vaksin, asam amino, dan antibiotik
d. tempe, asam amino, cuka, dan antibiotik










- Contoh tes uraian
Apakah yang kalian ketahui tentang bioteknologi?
- Contoh proyek
Carilah informasi dari surat kabar, majalah, atau internet mengenai penemuan bioteknologi terkini. Buatlah dalam bentuk artikel dan beri pendapat kalian mengenai manfaat dan kerugian pada setiap hasil bioteknologi yang kalian temukan.

Ngaglik, 10 Februari 2009
Kepala MTsN Babadan Baru Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Drs. Busyroni Majid, M.Si
NIP. 150203399 NIP. 150274636

Tidak ada komentar:

Posting Komentar