Kamis, 19 Februari 2009

rpp fiqih 9 smt gnp model plpg

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Smt : IX/II
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

I. Standar Kompetensi : Memahami hukum Islam tentang jinayat dan hudud
II. Kompetensi Dasar :
1 Menjelaskan tentang jinayat dan hudud
2 Menjelaskan tentang tata cara diyat
3 Mendemonstrasikan tata cara jinayat, hudud dan diyat.

III. Indikator Kompetensi
1 Menjelaskan pengertian jinayat, hudud dan diyat beserta dalil-dalilnya.
2 Menjelaskan macam-macam jinayat, hudud dan sangsi hukumnya

IV. Materi Pokok
Jinayat, hudud dan diyat


V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab dengan strategi ( the power of two )
VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.
VII. Skenario Pembelajaran :
Pertemuan I
1 Kegiatan Awal
a. Memberi salam
b. Menyapa dan mengabsen siswa
c. Melakukan appersepsi
d. Memulai pelajaran dengan basmallah

2 Kegiatan Inti
a. Membantu siswa dalam mengidentifikasi pengertian jinayat
b. Menejelaskan dan membedakan macam-macam jinayat dan sanksi hukumnya
c. Tanya jawab tentang materi jinayat
d. Mensimulasikan peraktek macam-macam jinayat.
e. Membantu siswa dalam mengidentifikasi pengertian hudud
f. Menejelaskan dan mengidentifikasi macam-macam hudud dan sanksi hukumnya
g. Tanya jawab tentang materi hudud
h. Mensimulasikan peraktek macam-macam hudud

3 Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
c. Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.







Pertemuan II
Indikator Kompetensi
1. Menjelaskan macam-macam diyat
2. Menjelaskan sebab-sebab ditetapkannya diyat.
3. Mensimulasikan peraktek jinayat, hudud dan diyat

1. Kegiatan Awal
a. Memberi salam
b. Menyapa dan mengabsen siswa
c. Melakukan appersepsi
d. Memulai pelajaran dengan basmallah

2. Kegiatan Inti
a. Membantu siswa dalam mengidentifikasi pengertian diyat
b. Menjelaskan dan mengklasifikasi macam-macam diyat
c. Membacakan dalil-dalil yang berkenaan dengan diyat
d. Tanya jawab tentang materi diyat
e. Mensimulasikan macam-macam diyat

3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberitahukan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di rumah
c. Melakukan refleksi tentang materi yang telah dipelajarinya.

VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Tes Tertulis
- Kuis
- Ulangan Harian


Sleman, Juli 2008

Mengetahui

Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830
















Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/IIRENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN









I. Standar Kompetensi
Menjauhi meninum minuman keras.
II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan minuman keras.
2. Menjelaskan dampak negatif meminum minuman keras.
III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian tentang minuman keras dengan bahasanya sendiri.
§ Menjelaskan tentang hukum minuman keras dan dalilnya.
§ Menjelaskan tentang hukuman bagi peminum minuman keras.
§ Menjelaskan cara-cara menjauhi minuman keras dan hal-hal yang serupa dengannya.

IV. Materi Pokok
Minuman keras
V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )
VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.
VII. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah
2. Kegiatan Inti
a. Membimbing siswa mengidentifikasi pengertian minuman keras.
b. Membimbing siswa membaca dalil naqli tentang keharaman minuman keras.
c. Menjelaskan kepada siswa tentang proses pengharaman minuman keras.
d. Menjelaskan tentang hukuman yang diberikan kepada peminum minuman keras.
e. Membantu siswa mengidentifikasi dampak negatif meminum minuman keras.
f. Meminta siswa menunjukkan hikmah yang diperoleh dari menghindari minuman keras.
g. Menyebutkan dan menjelaskan dampak negatif dari meminum minuman keras.


3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah
VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan, tulis, kuis, Ulangan Harian


Sleman, Juli 2008

Mengetahui

Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830







RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/II







I. Standar Kompetensi
Menjauhi perbuatan mencopet, menjambret, mencuri, menyamun, merampok dan merompak.

II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan perbedaan antara perbuatan mencopet, menjambret, mencuri, menyamun, merampok dan merompak.
2. Menjelaskan akibat orang yang melakukan perbuatan mencopet, menjambret, mencuri, menyamun, merampok dan merompak.
3. Mendemonstarsikan perbuatan-perbuatan mencopet, menjambret, mencuri, menyamun, merampok dan merompak.
III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.
§ Membedakan istilah pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.
§ Menjelaskan hukuman bagi pelaku pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.
§ Mensimulasikan praktek tindakan pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.

IV. Materi Pokok
Pencurian dan lainnya.
V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )
VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.
VII. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah
2. Kegiatan Inti
a. Membimbing siswa mengidentifikasi pengertian pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.
b. Membuka dan membimbing diskusi tentang pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan serta hal-hal yang berhubungan dengan perbuatan tersebut.
c. Membahas hasil diskusi siswa.
d. Meminta siswa mensimulasikan tindakan pencopetan, penjambretan, pencurian, penyamunan, perampokan dan perompakan.
e. Meminta siswa menunjukkan dampak negatif yang ditimbulkan dari perbuatan-perbuatan tercela tersebut.


3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah

VII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Tes Tertulis
- Ulangan Harian


VII. Sumber Belajar : Buku Pelajaran Fiqih Kelas IX, Kamus Bahasa Indonesia, Benda yang biasa menjadi sasaran pencurian dan lainnya dan LKS



Sleman, Juli 2008

Mengetahui

Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830
















































Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/IIRENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN









I. Standar Kompetensi
Menjauhi perbuatan zina.

II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan zina.
2. Menjelaskan akibat dari perzinahan.

III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian tentang zina dengan bahasanya sendiri.
§ Menjelaskan tentang macam-macam zina.
§ Menjelaskan hukuman bagi pelaku zina.
§ Menjelaskan tata cara menghindari perbuatan zina.

IV. Materi Pokok
Zina

V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )
VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.

VII. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah
2. Kegiatan Inti
a. Membantu siswa mengidentifikasi pengertian zina.
b. Menerangkan tentang macam-macam zina.
c. Meminta siswa membaca dalil naqli tentang perzinahan.
d. Membahas tentang sangsi yang diberikan kepada pelaku zina.
e.
a. Meminta siswa menunjukkan dampak negatif dari perbuatan zina.
Meminta siswa menunjukkan hal-hal yng dapat menjerumuskan kepada perbuatan zina.

3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah
VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Kuis
- Tes Tertulis - Ulangan Harian
Sleman, Juli 2008

Mengetahui

Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830




RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/II






I. Standar Kompetensi
Memahami undang-undang negara.
II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan undang-undang negara.
2. Menjelaskan hukum membela tanah air.
3. Menjelaskan upaya-upaya membela tanah air.
4. Menghormati undang-undang negara.

III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian undang-undang negara.
§ Menjelaskan hukum mematuhi undang-undang negara dalam pandangan Islam.
§ Menghormati undang-undang negara.
§ Melaksanakan peraturan yang terdapat dalam undang-undang negara dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menjelaskan hak dan kewajiban terhadap tanah air.
§ Menjelaskan hukum membela tanah air.
§ Menjelaskan upaya pembelaan terhadap tanah air.

IV. Materi Pokok
Undang-undang negara dan bela tanah air

V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )
VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.
VII. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatn Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah
2. Kegiatan Inti
a. Membuat small group
b. Membuka dan mengarahkan diskusi tentang undang-undang negara dan membela tanah air.
c. Membahas hasil diskusi bersama-sama.
d. Memberi penilaian terhadap hasil diskusi yang telah dilakukan.
e. Meminta siswa menunjukkan hikmah yang diperoleh dari patuh terhadap undang-undang negara.
f. Meminta siswa memberikan contoh sikap membela tanah air.
3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah
VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Tes Tertulis
- Ulangan Blok

Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel


Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/II







I. Standar Kompetensi
Memahami hukum Islam tentang kewajiban-kewajiban warga negara dan kewajiban dalam memilih pemimpin.

II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan kewajiban-kewajiban manusia baik yang berhubungan dengan hak Allah atau dengan hak adami.
2. Menjelaskan hukum mematuhi suari’at Islam.
3. Menjelaskan pola kepemimpinan dalam Islam.
4. Mempraktekkan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.

III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian dan tujuan syari’at Islam.
§ Menjelaskan pembagian syariat.
§ Menjelaskan kewajiban melaksanakan syari’at Islam dan dalilnya.
§ Menjelaskan sangsi hukum melanggar syari’at Islam yang bersifat hak Allah dan hak adami.
§ Melaksanakan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.
§ Menjelaskan pengertian kepemimpinan dalam Islam berikut dalilnya.
§ Menjelaskan syarat menjadi pemimpin menurut Islam.
§ Menjelaskan kewajiban seorang pemimpin dan rakyat yang dipimpin.

IV. Materi Pokok
Syari’at Islam & kepemimpinan
V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )

VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.

VII. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah

2. Kegiatan Inti
a. Membantu siswa mengidentifikasi pengertian dan tujuan syari’at Islam.
b. Menjelaskan kepada siswa tentang pembagian syari’at Islam
c. Memberi contoh dari masing-masing pembagian syari’at Islam tersebut.
d. Meminta siswa mengemukakan pendapatnya tentang kewajiban melaksanakan syari’at Islam, baik yang bersifat hak Allah dan hak adami serta sangsi bagi yang melanggarnya.
e. Menjelaskan kepada siswa tentang kepemimpinan dalam Islam.
f. Meminta siswa mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.

3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah






VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Tes Tertulis
- Ulangan Blok

Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel


Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830

























































RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Nama Sekolah : MTs Negeri
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : IX/II







I. Standar Kompetensi
Membiasakan memelihara lingkungan dan berperilaku yang mencermikan kepedulian sosial.

II. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan tata cara memelihara lingkungan.
2. Menjelaskan tata cara meningkatkan kesejahteraan sosial dan berperilaku yang mencerminkan kepedulian sosial.
3. Mempraktekkan tata cara memelihara lingkungan dan berperilaku yang mencerminkan kepedulian sosial.

III. Indikator Kompetensi
§ Menjelaskan pengertian lingkungan hidup.
§ Menjelaskan kewajiban memelihara lingkungan hidup.
§ Mampu menjaga dan mengelola lingkungan hidup sekitarnya.
§ Menjelaskan pengertian tentang kesejahteraan sosial.
§ Menjelaskan tentang pentingnya memiliki keterampilan khusus.
§ Menjelaskan tentang perlunya berwirausaha.
§ Menjelaskan tentang perlunya kepedulian sosial di masyarakat.
§ Mensimulasikan kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kepedulian sosial terhadap sesama.

IV. Materi Pokok
Lingkungan hidup dan kepedulian sosial.

V. Strategi Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan dengan strategi ( the power of two )

VI. Media : Gambar – gambar tentang perbuatan terlarang
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas IX Yudistira, 2006.
VII. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Mengucapkan salam dan menyapa siswa
b. Melakukan absensi kelas
c. Malakukan apersepsi
d. Membuka palajaran dengan mengucapkan basmallah
2. Kegiatan Inti
a. Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil.
b. Memberi topik pembahasan yang akan didiskusikan kepada setiap kelompok.
c. Memulai dan mengarahkan diskusi yang dilakukan siswa.
d. Membahas hasil diskusi yang telah dilakukan.
e. Mengomentari hasil diskusi yang dilakukan siswa.
f. Meminta siswa untuk menunjukan contoh sikap memelihara dan mengelola lingkungan sekitar.
g. Mensimulasikan kehidupan sehari-hari yang mencerminkan kepedulian sosial terhadap sesama.

3. Penutup
a. Menyimpulkan materi bersama-sama
b. Memberikan resitasi kepada siswa
c. Mengucapkan terima kasih
d. Menutup dengan mengucapkan hamdallah



VIII. Penilaian Hasil Belajar : - Pertanyaan Lisan
- Tes Tertulis
- Ulangan Harian

Sleman, Juli 2008

Mengetahui

Kepala Madrasah Tsanawiyah Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.PdI Muh. Zain Widodo, S.PdI
NIP.150203399 NIP. 150269830

Tidak ada komentar:

Posting Komentar