Kamis, 19 Februari 2009

rpp fiqih 8 model plpg

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nam Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : I
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Standar Kompetensi : 1. Memahami tatacara Haji
2. Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan Ibadah Haji
3. Indikator Kompetensi : 1.1.1 Mendefinisikan pengertian Ibadah Haji dan dalilnya
1.1.2 Menjelaskan Hukum Haji
1.1.3 Menyebutkan syarat wajib Haji
1.1.4 Menyebutkan syarat sah Haji
1.1.5 Menjelaskan Rukun dan Wajib Haji
1.1.6 Menyebutkan sunat Haji
1.1.7 Menjelaskan larangan Ibadah Haji
1.1.8 Menyebutkan Kata urutan pelaksanaan Haji
4. Materi Pokok : Tata cara Haji
5. Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi ( The Power Of Two )

6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji.
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006
7.Skenario Pembelajaran : 1. Kegiatan awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru menyampaikan materi kepada siswa tentang
ibadah haji, hukum melaksanakan ibadah haji ,
syarat wajib, syarat sah haji, rukun dan wajib haji,
sunat haji serta larangan ibadah haji, tata urutan
pelaksanaan haji
- Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan
Menanyakan : Apakah kamu tadi malam sudah mempelajari materi hari ini.

2. Kegiatan inti :
- Menerangkan tentang pengertian ibadah haji dan
dalilnya
- Menerangkan hukum melaksanakan haji
- Menerangkan syarat wajib, syarat sah, rukun haji
- Menerangkan sunah haji
- Menerangkan larangan ibadah haji
- Menerangkan tata urutan haji

3. Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan, guru
meminta kepada siswa aagar menjelaskan tentang
ibadah haji, syarat sah haji dan rukun haji
- Refleksi
Coba Ani. Jelaskan pengertian tentang haji !
Coba Faisal, sebutkan syarat sah haji
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )

8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tes tertulis
Bentuk : PG

Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 2
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Standar Kompetensi : 1. Memahami tata-cara Haji
2. Kompetensi Dasar : 1.2 Membedakan macam-macam haji
3. Indikator Kompetensi : 1.2.1 Menjelaskan pengertian macam-macam haji
1.2.2 Menjelaskan perbedaan macam-macam haji
4. Materi pokok : Macam-macam haji
5. Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab ( Card Sort ), Who is in the class

6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji.
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7. Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru menunjukkan tentang pelaksanaan haji
2. Langkah inti :
- Guru Menjelaskan pengertian haji ifrad
- Guru menjelaskan pengertian haji tamatuk
- Guru menjelaskan pengertian haji qiran
- Guru menjelaskan perbedaan antara haji ifrad,
tamatuk dan haji qiran
- Guru mengadakan Tanya jawab kepada siswa
diharapkan setelah mempelajari materi ini siswa menjadi lebih teliti dan cermat dalam segala hal
3. Langkah Akhir :
- Guru menyimpulkan materi yang telah diberikan
kepada siswa
- Refeksi
Guru memberikan soal kepada siswa ( pos tes )
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )


8. Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tes tertulis
Bentuk : PG



Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 3
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 1. Memahami tatacara Haji

2.Kompetensi Dasar : 1.3 Membacakan bacaan – bacaan manasik haji

3.Indikator Kompetensi : 1.3.1 Melafalkan bacaan – bacaan manasik haji
1.3.2 Melafalkan bacan talbiyah
1.3.3 Melafalkan Doa towaf
1.3.4 Melafalkan doa sai

4.Materi Pokok : Tata cara Haji

5. Strategi Pembelajaran : - Demontrasi ( Who is in the Class )

6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji.
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Aprersepsi
Coba lafalkan doa talbiyah
- Guru memberikan motifasi kepada siswa

2. Langkah inti :
Guru bersama siswa mengucapkan bacaan manasik
Haji yaitu bacaan talbiyah, bacaan towaf, doa sai

3. Langkah Akhir :
Menyimpulkan materi bersaama siswa
- Refleksi
Coba Hafalkan bacaan talbiyah
-Tugas rumah
Hafalkan doanya sai dan towaf
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )

8. Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tes lesan
Bentuk : Demontrasi




Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 4
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 1. Memahami tatacara Haji
2.Kompetensi Dasar : 1.4 Mempraktekkan manasik haji
3. Indikator Kompetensi : 1.4.1 Mempraktekkan berpakaian ihram
1.4.2 Mengerjakan wukuf
1.4.3 Mendemontrasikan towaf
1.4.4 Mendemontrasikan sai
1.4.5 Mempraktekkan tata cara tahalul

4.Materi pokok : Tata cara Haji

5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah, Demontrasi ( The Power Of Two )

6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji.
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7. Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
dari kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
- Aperrsepsi : Guru memberikan dorongan kepada siswa
2. Langkah inti :
Guru membentuk lima kelompok siswa
Guru memberikan tugas pada masing-masing
Kelompok
a. Kelompok 1 praktek ihram
b. Kelompok 2 praktek wukuf
c. Kelompok 3 praktek towaf
d. Kelompok 4 praktek sai
e. Kelompok 5 praktek tahalul
- Guru menjelaskan jenis-jenis alat praga yang perlu
disiapkan
- Masing-masing kelompok menyiapkan alat praktek
sesuai tugas masing-masing
- Dengan bimbingan guru siswa mendemontrasikan
tugas masing-masing kelompok secara bergantian
- Guru mefasilitasi tugas masing-masing kelompok

3. Langkah Akhir :
- Guru menyimpulkan hasil diskusi masing-masing
kelompok
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )


8. Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tugas
Bentuk : Praktek



Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 5
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 2. Memahami tata cara umroh

2.Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan umroh

3.Indikator Kompetensi : 2.1.1 Mendefinisikan pengertian umroh
2.1.2 Melafalkan dalil tentang umroh
2.1.3 Menyebutkan syarat sah unroh
2.1.4 Menjelaskan tata urutan umroh
2.1.5 Menyebutkan mikot-mikot umroh
2.1.6 Menyebutkan larangan umroh

4.Materi Pokok : Tata cara Umroh

5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi ( Quiz Team )
6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji / umroh dengan pengamatan
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru memberikan motifasi kepada siswa dengan
Menanyakan :
Apakah kamu tadi malam sudah mempelajari materi
hari ini.
2. Langkah inti
- Menerangkan tentang materi pembelajaran tentang
umroh dan membagi secara team
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berpendapat tentang materi umroh
- Guru menanggapi apa yang diutarakan oleh siswa
dan memberikan kesimpulan

3. Langkah Akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan, guru
meminta kepada siswa agar menjelaskan tentang
ibadah umroh,
Refleksi
Coba Ani. Jelaskan pengertian tentang umroh !
Coba Faisal, sebutkan syarat sah umroh !
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )

8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tes tertulis
Bentuk : Esay


Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 6
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 2. Memahami tata cara umroh
2.Kompetensi Dasar : 2.2 Mendemonstrasikan umrah
3.Indikator Kompetensi : 2.2.1 Mempraktekan ibadah umrah
4.Materi pokok : Tata cara Umroh
5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab
- Demonstrasi ( The Power Of Two )
6. Media : Gambar / CD tentang pelaks haji / umroh dengan pengamatan
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran :1. Lamgkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru menyampaikan materi kepada siswa tentang
Praktek umrah
- Guru memberikan motifasi kepada siswa dengan
menayangkan CD tentang ibadah umrah

2. Langkah inti
- Guru mendemonstrasikan ibadah umrah
- Guru bersama siswa membentuk kelompok untuk
mendemonstrasikan umrah
- Guru menyuruh siswa untuk mempraktekan tentang
urutan umrah

3. Langkah akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
- Refleksi
Coba Ani. Jelaskan pengertian tentang umroh !
Coba Faisal, sebutkan syarat sah umroh !
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )


8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Demonstrasi
Bentuk : Praktek




Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 7
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 3. Mengetahui jenis jenis binatang yang halal dan yang
haram

2.Kompetensi Dasar : 3.1. Menjelaskan cirri-ciri binatang yang halal dan yang
haram
3.Indikator Kompetensi : 3.1.1. Menjelaskan pengertian binatang yang halal
3.1.2. Menjelaskan pengertian binatang yang haram
3.1.3 Menyebutkan ciri-ciri binatang yang halal
3.1.4. Menyebutkan ciri-ciri binatang yang haram
3.1.5. Menunjukkan dalil naqli jenis –jenis binatang
yang halal
3.1.6. Menunjukkan dalil naqli jenis –jenis binatang
yang haram
4.Materi Pokok : Jenis jenis binatang yang halal dan yang haram
5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab
- Pemberian tugas ( The Power Of Two )
6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang halal dan haram
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru menunjukkan contoh
jenis jenis binatang yang halal dan yang haram

2. Langkah inti
- Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengertian
binatang yang halal dan yang haram
- Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan cirri-ciri
binatang yang halal dan yang haram
- Guru membentuk kelompok siswa menjadi 4 kelompok
- Siswa mengidentifikasi kelompoknya masing-masing
- Guru memberikan tugas kepada masing-masing
kelompok
- Masing-masing kelompok menyampikan hasil diskusi
- Siswa melafalkan dalil naqli tentang jenis binatang yang
halal maupun yang haram

3. Langkah akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )

8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tertulis, lesan
Bentuk : Esay , Tanya jawab


Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 8
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 3. Mengetahui jenis jenis binatang yang halal dan yang
haram
2.Kompetensi Dasar : 3.2. Mejelaskan ketentuan ketentuan menyembelih binatang
3.Indikator Kompetensi : 3.2.1. Menjelaskan pengertian penyembelihan binatang
3.2.2. Menyebutkan syarat sah penyembelihan
3.2.3 Menyebutkan macam macam kewajiban dalam
penyembelihan
3.2.4. Menyebutkan macam macam sunnah penyembelihan
3.2.5. Menjelaskan penyembelihan binatang secara biasa(
Tradisional )
3.2.6. Menjelaskan penyembelihan binatang secara
mekanik ( Modern )

4.Materi pokok : Jenis jenis binatang yang halal dan yang haram

5.Metode : - Ceramah
- Tanya Jawab
- Demonstrasi ( Group Resume )
6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang halal dan haram
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang
lalu
- Guru menunjukkan contoh jenis jenis binatang yang
halal dan yang haram
2. Langkah inti
- Guru menjelaskan pengertian penyembelihan binatang
- Guru menyebutkan syarat sah penyembelihan binatang
- Guru bersama siswa menyebutkan macam macam
kewajiban dalam menyembelih binatang
- Guru bersama siswa menyebutkan sunah sunnah penyembelihan
- Guru menjelaskan tentang alat yang digunakan untuk
menyembelih binatang
- Guru bersama siswa mendemonstrasikan cara
menyembelih binatang baik secara tradisional maupun
modern
- Guru mengadakan Tanya jawab bersama siswa

3. Langkah Akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
Refeksi ; Guru memberikan pertanyaan pada siswa
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )

8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tertulis, praktek
Bentuk : PG

Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 9
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 3. Mengetahui jenis jenis binatang yang halal dan yang haram
2.Kompetensi Dasar : 3.3. Mempraktekkan tatacara menyembelih binatang
3.Indikator Kompetensi : 3.3.1. Mempraktekkan cara penyembelihan binatang
3.3.2. Mau Menjahui binatang yang haram

4.Materi pokok : Jenis jenis binatang yang halal dan yang haram

5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Demonstrasi ( Quiz Team )
6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang halal dan haram
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7. Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal :
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menyapa dan mengapsen pada siswa
- Guru Menjelaskan jenis jenis binatang yang
boleh disembelih

2. Langkah inti
- Guru menjelaskan Cara menyembelih binatang yang
benar
- Guru menjelaskan bahwa memakan daging binatang
yang haram akan merusak kesehatan dan berdosa
- Guru Mengelompokkan siswa
- Guru mendemontrasikan penyembelihan binatang
- Masing-masing kelompok mempraktekkan
penyembelian binatang
- setiap kelompok mengamati praktek penyembelihan
yang dilakukan oleh kelompok lain

3. Langkah akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
Refeksi ; Guru memberikan pertanyaan pada siswa
- Tugas kokurikuler
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )



8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tertulis
Bentuk : Demontrasi




Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 10
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 4. Memahami tata cara berkurban dan aqiqoh
2.Kompetensi Dasar : 4.1. Mejelaskan ketentuan ketentuan qurban
3.Indikator Kompetensi : 4.1.1. Mengidentifikasi pengertian kurban
4.1.2. Menjelaskan Dalil tentang qurban
4.1.3 Menjelaskan perbedana qurban dan aqiqoh
4.1.4 Menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat
dipakai untuk berqurban
4.Materi pokok : Qurban dan Aqiqoh
5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab ( Card Sort )
6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang boleh untuk berqurban
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang lalu
- Guru mengkaitkan masaalah qurban deng pelajaran
yang lalu ( tatacaara penyembelihan binatang )

2. Langkah inti
- Mengidentifikasi pengertian korban
- Menjelaskan Dalil tentang korban
-Menjelaskan perbedaan qurban dan aqiqoh
-Menjelaskan syarat-syarat binatang yang dapat
dipakai untuk berkorban

3. Langkah Akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )




8.Penilaian : Jenis : Tertulis
Bentuk : Esay





Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel



Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 11
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 4. Memahami tatacaara berkurban dan aqiqoh
2.Kompetensi Dasar : 4.2. Mejelaskan ketentuan ketentuan Aqiqoh
3.Indikator Kompetensi : 4.2.1. Mengidentifikasi pengertian Aqiqoh
4.2.2. Menentukan waktu pelasanaan aqiqoh
4.2.3 Menentukan jenis hewan yang sah untuk aqiqoh
4.2.4 Menjelaskan jumlah hewan aqiqoh untuk laki-laki
dan perempuan
4.Materi Pokok : Qurban dan Aqiqoh

5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Tanya Jawab ( Quiz Team ) dan ( Who is in the Class )

6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang sah untuk berkurban
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang lalu
- Guru mengkaitkan masaalah qurban deng pelajaran yg lalu

2. Langkah inti
- Guru bersama siswa mengidentifikasi pengertian
aqiqoh
- Guru menunjukkan waktu pelaksanaan aqiqoh
- Siswa menentukan jenis hewan yang sah untuk
Aqiqoh
- Guru dan siswa mengidentifikasi jumlah hewan
aqiqoh untuk lali-laki dan perempuan
- Guru memberikan kesempatan siswa untuk
berpendapat tentang materi tersebut
- Guru dan siswa membuat kesimpulan rumusan materi
yang telah dipelajari



3. Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
- Repleksi : siswa membacakan kesimpulan materi
yang sudah dirumuskan
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )


8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Tertulis
Bentuk : Esay



Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/semester : VIII/II
Pertemuan : 12
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1.Standar Kompetensi : 4. Memahami tatacaara berkurban dan aqiqoh
2.Kompetensi Dasar : 4.3. Mendemontrasikan qorban
3.Indikator Kompetensi : 4.3.1.Mempraktekkan cara berkorban
4.Materi Pokok : Qurban dan Aqiqoh
5.Strategi Pembelajaran : - Ceramah
- Demontrasi ( Card Sort )
6. Media : Gambar / CD tentang contoh hewan yang sah untuk berkurban
Sumber Belajar : Muhammad Muslih, M. Ag dan Drs. Nur Hadi Ihsan, MA, Buku Paket Fiqih Kelas VIII Yudistira, 2006

7.Skenario Pembelajaran : 1. Langkah awal
- Mengucapkan salam ( Assalammu’alaikum )
- Guru Menanyakan pada siswa tentang pelajaran yang lalu
- Guru mengkaitkan masaalah qurban deng pelajaran
yang lalu
2. Langkah inti
- Guru dan siswa mempraktekkan qurban yang
dilaksanakan pada hari raya qorban Idul adha
- Guru bersama siswa mengadakan pengamatan
ketika melakukan qorban
- Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari

3. Langkah akhir
- Menyimpulkan materi yang telah disampaikan,
- Guru mengucapkan ( Wassalamu’alaikum )
8.Penilaian Hasil Belajar : Jenis : Penugasan
Bentuk : Pengamatan






Sleman, Juli 2008

Mengetahui
Kepala MTs Guru Mapel




Dra. Hj. Siti Nurdiyati, M.Pd.I Muh. Zain Widodo, S.Pd.I
NIP. 150203399 NIP. 150269830

Tidak ada komentar:

Posting Komentar